Wednesday 3 March 2010

Hari Buku Sedunia

Taukah anda bahwa tanggal 4 Maret adalah hari buku sedunia?
Aku juga baru tau sekitar 3 thn yang lalu. Dimana saat itu ada event di sekolahan Alba (anak bungsuku). Pada hari itu semua murid diwajibkan memakai costume dari salah satu tokoh dalam cerita sebuah buku.
Bagi kami yang baru pindah aga' binggung juga, setelah berbincang dengan bu guru ternyata kegiatan ini berlangsung setiap tahun dengan maksud untuk menumbuhkan minat baca sedini mungkin kepada anak-anak.

Apa pentingnya menumbuhkan minat baca sedini mungkin terhadapan anak-anak? ternyata banyak manfaatnya diantaranya :
- membantu anak dalam perkembangan psikologis dan dalam perkembangan intelektual.
- merangsang imajinasi anak-anak.
- menciptakan hubungan yang positif antara orang tua dan anak.
- menambah pembendaharaan kosa kata kepada anak-anak.
- melatih untuk membiasakan membaca semenjak kecil diharapkan akan terus berlanjut pada saat dia dewasa.

Bagaimana caranya agar minat baca itu tumbuh sedari kecil?
A. Temanilah anak disaat membaca.
Dulu waktu di Indonesia saya jarang sekali membacakan cerita kepada anak, tetapi sekarang menjadi suatu keharusan at least mendengarkan dan merespon apa yang dibaca oleh si anak. Dengan demikian terjalin hubungan positif antara orang tua dan anak.
B. Pilih bacaan sesuai dengan umur si anak, untuk seumuran Alba yang masih 9 taunpun masih suka buku yang fullcolour dan banyak gambarnya, biarkan si anak memilih apa yang dia mau sehingga dia antusias untuk membacanya.
C. Sering-seringlah membawa anak anda ke perpustakaan atau toko buku.
Lucky us, yang tinggal di negri ini dengan fasilitas perpustakaan yang sangat lengkap, nyaman, serta menyenangkan untuk dikunjungi sehingga kita betah berlama-lama di perpustakaan apalagi dilengkapi dengan sofa yang empuk serta cafe yang menjual makanan ringan serta akses internet dengan komputernya yang berjejer banyak.
Oh ya...selain perpustakaan umum Alba juga selalu membawa buku dari perpustakaan sekolah dan wajib dibaca setiap malam tidak mesti banyak 1-2 chapter dengan waktu sekitar 10-15 menit sudah cukup yang penting konsisten.
D. Cara yang lainnya lagi adalah mengadakan event Fancy dress, sehingga setiap tanggal 4 Maret adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para murid. Mereka dari jauh-jauh hari sudah mereka-reka baju apa kira-kira yang akan digunakan pada saatnya.

So...Tumbuhkan minat baca kepada anak anda! Temani anak anda disaat membaca!

No comments:

Post a Comment