Sunday 21 February 2010

Manfaat kedelai

Makanan atau minuman hasil olahan dari kedelai yang biasa kita konsumsi seperti tempe, tahu juga susu kedelai sudah ta' asing lagi buat kita semua.

Dulu ta' terfikirkan oleh saya apa manfaat kedelai bagi tubuh kita, yang jelas rasa dari tahu, tempe dan susu kedelai itu enak. Itu sudah cukup bagiku tapi ternyata....
Didalam kedelai terkandung berbagai karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral (kalsium, asam folat, kalium serta besi).

Dari hasil pencarian di dunia maya ini baru saya tahu kalo ternyata Kedelai itu mempunyai banyak manfaat diantaranya:
1. 25 gram kedelai per hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung.
2. Kedelai bisa menurunkan risiko kanker prostat, kanker kolon, kanker payudara juga osteoporosis dan masalah tulang lainnya.
3. Kedelai juga efektif meredakan gejala panas (hot flashes) akibat menopause.
4. Kedelai merupakan makanan yang sangat baik bagi pengidap diabetes.
5. Kedelai mempunyai kadar lecithin tinggi yang berguna untuk mengatasi kelelahan mental dan melawan terjadinya penimbunan kolesterol.
6. Kedelai kaya akan linoleic dan linoleic acid (jenis lemak tidak jenuh). Karena itu, makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit serta mengatasi berbagai kasus eksem.
7. Lecithin berfungsi meningkatkan kandungan gamma globulin dalam darah. Gamma globulin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi berbagai penyakit.

Cukup banyak kan manfaatnya?
Makanya jangan bosan2 makan tahu n tempe biar murah tapi syarat akan manfaat bagi tubuh kita...
Yuuu..ahhh..beli kedelai duluuu...

No comments:

Post a Comment